Anggie
Blog Universitas Komputer Indonesia

Tips Pilih Instrumen saat Belajar Investasi Pemula

Mengingat bahwa ada banyak jenis instrument yang bisa dipilih bagi seorang investor, tentu akan menimbulkan pertanyaan bagaimana cara untuk memilihnya. Dalam praktik belajar investasi pemula, tentu hal ini juga penting dalam mempelajarinya.

Tips Pilih Instrumen Investasi Terbaik bagi Pemula

Sebagai pemula yang masih minim pengetahuan tentu masih merasa kebingungan bagaimana cara memilih instrument investasiterbaik. Lantas Anda pun bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini agar pemilihannya pun tidak menimbulkan kekeliruan hingga berdampak jangka panjang.
  1. Memahami Resiko Terburuknya
Sebelum memutuskan untuk memulai investasi, sudah semestinya Anda bisa memahami seluk beluk dari investasi. Tidak hanya memperhatikan keuntungan saja namun juga mempertimbangkan apa saja resiko terburuknya.
 
Nyatanya investasi yang dilakukan oleh orang-orang ini juga memiliki tingkat kerugian masing-masing. Hal ini penting untuk dipahami sehingga jangan pernah sembarangan dalam menentukan keputusan karena akan berimbas pada kerugian.
  1. Menentukan Tujuan dan Jangka Waktu
Sedari awal, Anda harus memiliki tujuan investasi. Pasalnya hal ini akan berpengaruh pada pemilihan jenis investasi ke depannya. Ada banyak target ingin dicapai dari masing-masing orang mulai dari barang impian hingga dana masa tua.
 
Setelah itu, penting juga bagi Anda untuk menentukan tujuan dan menyesuaikan jangka waktu yang diperlukan guna mencapainya. Mengingat bahwa pendek atau panjangnya lamanya masa berinvestasi juga berpengaruh pada besarnya keuntungan keseluruhan.
  1. Melakukan Analisis Secara Sungguh-Sungguh
Pasti Anda seringkali mendengar istilah mengenai analisa dalam dunia investasi seperti halnya saat menentukan saham yang hendak dibeli. Pastikan untuk menganalisanya secara teliti. Hal ini pun penting dilakukan saat belajar investasi pemulakarena akan menjadi  kebiasaan ke depannya.
Ketika melakukan analisa, Anda pun harus mempertimbangkannya terlebih dahulu dalam jangka waktu yang panjang. Pada kasus ini pun tidak sedikit orang melakukannya sebelum memutuskan investasi pada berbagai instrument.
 
Ketiga tips di atas bisa Anda lakukan jika sedang kebingungan untuk menentukan instrument berinvestasi. Mengingat bahwa jenisnya pun cukup banyak sehingga harus dikenal dan dipahami terlebih dahulu dalam belajar investasi pemula.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 19 Maret 22 - 19:24 WIB
Dibaca sebanyak : 2011 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback