Anggie
Blog Universitas Komputer Indonesia

Tips Menentukan Merek Agar Mudah Diingat

Menentukan merek adalah hal yang penting dilakukan saat memulai bisnis. Karena merek tersebut yang akan menjadi brand identity dari produk atau bisnis yang Anda jalani. Agar merek tersebut mudah melekat di benak masyarakat maka perlu untuk mengetahui tips menentukan merek yang unik dan menarik.

Tips Menentukan Merek Agar Mudah Diingat

Merek yang bagus harus mudah diingat oleh masyarakat sehingga begitu mendengar maka mereka akan selalu terngiang-ngiang di benaknya. Karena bagaimanapun juga merek adalah salah satu kunci utama dalam perkembangan usaha jangka panjang.
 
Berikut ini beberapa tips membuat merekdari patendo, diantaranya:
  1. Mudah Diucapkan
Merek yang bagus sebaiknya mudah diucapkan apalagi untuk produk yang tidak tersegmen dengan tipe konsumen yang beragam. Perlu disadari bahwa tidak semua orang memiliki tingkat pendidikan dan pengetahuan yang sama.
 
Sehingga merek yang mudah dibaca akan mudah dikenal dan diingat juga oleh semua lapisan masyarakat. Gunakan kata-kata yang biasa diucapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti menggunakan bahasa daerah, nama jalan, nama orang, dan lainnya
  1. Memiliki Desain yang Menarik
Unsur merk tidak hanya terdiri dari nama saja namun juga warna, logo, gambar, dan lain sebagainya. Unsur-unsur tersebut bisa dikombinasikan untuk membentuk satuan Citra yang bagus akan produk. Desain produk yang simple, unik, dan menarik akan mudah diingat oleh masyarakat dan membuat produk lebih menonjol.
  1. Berbeda dengan Merek Lain
Fungsi utama merek pada dasarnya adalah sebagai pembeda antara satu produk dengan produk lain milik kompetitor. Sehingga mulai dari nama dan unsur-unsur yang membangunnya juga harus dibuat berbeda. Karena jika sama akan terindikasi plagiat.
  1. Menggambarkan Manfaat Dari Produk
Merek yang bagus dan menarik harus bisa menggambarkan manfaat dari produk yang dijual dan citra perusahaan. Sehingga dalam satu waktu sekaligus konsumen akan mengingat brand dan produk dalam waktu bersamaan.
 
Contohnya seperti produk fashion atau baju yang menyamarkan unsur atau aksesoris dalam pakaian. Seperti gambar baju, hanger, aksesoris, dan lain sebagainya.
 
Tips menentukan merek diatas bisa Anda ikuti agar merek dagang yang dibuat menarik, unik, dan mudah diingat. Jika sudah mendapatkan barang yang tepat jangan lupa untuk mendaftarkannya melalui jasa pendaftaran merek terpercaya seperti Patendo.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 10 November 21 - 13:58 WIB
Dibaca sebanyak : 59 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback