Anggie
Blog Universitas Komputer Indonesia

Tips Membuat Artikel Yang Bermanfaat

Tips Membuat Artikel Yang Bermanfaat
Tips Membuat Artikel Yang Bermanfaat - Kita hidup dalam masyarakat baru yang didorong oleh citra. Ini bisa sulit bagi penulis kecuali mereka belajar untuk terhubung dengan pembaca hari ini. Menulis yang menghubungkan itu mudah jika Anda mengingat beberapa prinsip dasar menulis. Mari kita hadapi itu, sebagai penulis, Anda bersaing dengan pengaruh terbesar dalam masyarakat kita yang didorong oleh citra, industri film dan televisi. Jadi, mari kita ambil tiga kata terkenal dalam pembuatan film sebagai isyarat untuk menulis yang efektif. Siap? Lampu! Kamera! Tindakan!
 
Lampu!
 
Menarik perhatian pembaca. Anda menarik perhatian pembaca Anda ketika Anda tahu siapa mereka dan apa yang menarik minat mereka. Ya, tulislah apa yang Anda ketahui tetapi tulis juga untuk siapa yang Anda kenal. Misalnya, hindari penggunaan kata dan konsep abstrak saat menulis untuk anak-anak. Anak-anak tidak akan mengerti dan Anda tidak akan menarik perhatian mereka.
 
Cara menulis artikel efektif menulis tentang apa yang menarik minat pembaca dengan menggunakan kata-kata yang berkaitan dan dipahami oleh pembaca. Ketika Anda menulis fiksi atau bahkan non-fiksi kreatif; kembangkan judul yang menarik, tema kontemporer, pahlawan yang kuat, plot yang bagus, konflik yang intens, dan buat karakter yang menarik. Ketika Anda melakukannya, lampu menyala untuk pembaca Anda.
 
Kamera!
 
Deskripsikan, deskripsikan, deskripsikan! Gunakan kata-kata yang spesifik, konkret, dan ringkas. Tulis untuk mendeskripsikan tetapi hindari menggunakan terlalu banyak kata sifat. Mark Twain berkata: "Ketika Anda menangkap kata sifat, bunuhlah." Kata-kata yang kuat dari Mr. Twain tetapi ketika Anda memotong kata sifat dan menggunakan kata benda deskriptif, tulisan Anda menjadi hidup. Alih-alih menulis "rumah besar dan indah", cobalah menulis "rumah besar", "villa", "kastil", "istana", atau "chateau". Gunakan tesaurus dan temukan kata benda yang digerakkan oleh gambar untuk menggantikan kata sifat yang berlebihan. Maaf, saya tidak bisa menemukan kata benda untuk menggantikan "kata sifat yang berlebihan". Tapi Anda mendapatkan ide.
 
Nasihat penulisan kontemporer, "tunjukkan jangan beri tahu," bergema di telinga sebagian besar penulis. Dan untuk alasan yang bagus. Penulis harus "menunjukkan" kepada pembaca daripada "memberi tahu" untuk menarik perhatian mereka yang didorong oleh citra. Misalnya, gunakan detail yang jelas alih-alih generalisasi yang tidak jelas saat menggambarkan emosi. Tulis, "keringat menetes dari dahinya," bukan "dia gugup." Biarkan gambar menjadi hidup dalam cerita Anda.
 
Tindakan!
 
Gunakan kata kerja tindakan, hindari kata kerja "menjadi". Tempatkan pembaca Anda di tengah-tengah aksi dalam cerita Anda. Mendeskripsikan tindakan dengan indra penglihatan, suara, penciuman, rasa, dan rasa dengan menggunakan kata kerja tindakan. Gunakan gambar bergerak dan bawa pembaca Anda, jangan biarkan cerita Anda menjadi studi dalam kehidupan diam. Jangan memercikkan cerita Anda pada pembaca Anda; dunk 'em di atas kepala mereka! Silakan, buat mereka basah kuyup dengan aksi dalam cerita Anda. Mereka akan mencintaimu karenanya.
 
Lampu! Kamera! Tindakan! akan menghubungkan cerita Anda dengan pembaca Anda. Silakan, beri mereka gambar yang tidak akan pernah mereka lupakan!
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 09 Juli 21 - 10:46 WIB
Dibaca sebanyak : 37 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback