Anggie
Blog Universitas Komputer Indonesia

Strategi Bisnis Kuliner di Masa Pandemi

Banyak bidang usaha yang harus terkena dampak dari pandemi Covid-19 hingga mengalami kesulitan untuk bertahan, tak terkecuali bisnis di bidang kuliner. Penting untuk menerapkan strategi bisnis kuliner di masa pandemi agar usaha Anda tetap bisa bertahan dan berjalan dengan lancar meskipun omzet turun.

Strategi Bisnis Kuliner Bertahan di Masa Pandemi

Salah satu tips agar bisa bertahan di masa pandemi dalam bisnis bidang apapun itu termasuk kuliner adalah adaptif terhadap perubahann yang terjadi. Jangan hanya mengandalkan pemasukan dari transaksi harian khususnya untuk kuliner dine-in. Berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti, di antaranya:
  1. Promosi Melalui Media Online
Kebijakan social distancing, study from home, dan work from home menuntut sebagian besar masyarakat untuk melakukan aktivitasnya di rumah saja. Sehingga akan jarang konsumen yang datang langsung ke restoran atau tempat makan karena jika melanggar maka bisa dikenai hukuman.
 
Langkah promosi yang bisa dilakukan adalah melalui media sosial. Anda bisa live jualan di instagram, facebook, atau platform lainnya. Promosikan produk yang bisa dijual secara online agar menjangkau target market yang lebih luas.
  1. Menerapkan Sistem Delivery Order
Bisnis yang bisa memberikan layanan delivery order cenderung lebih disenangi oleh masyarakat terutama ketika masa pandemi. Karena mereka tidak harus keluar rumah untuk mendapatkan barang yang diinginkan dan cukup melakukan pemesanan secara online termasuk dalam hal makanan.
 
Maka Anda bisa menyediakan tim khusus untuk melakukan pengiriman atau bekerjasa dengan platform yang menyediakan jasa antar makanan seperti Gojek, Grab, ShopeeFood, dan lain sebagainya.
  1. Memanfaatkan Sistem Pre Order
Dilansir dari https://bisnisonlinekuy.com/, sistem jualan pre order bisa Anda terapkan selama masa pandemi agar tidak menanggung banyak kerugian. Artinya penjual hanya akan membuat produk berdasarkan pesanan dari pembeli. Sehingga jumlah produk yang dijual pun sesuai dengan pesanan dan tidak ada sisa yang terbuang.
 
Di samping dengan memanfaatkan sistem ini, jangan lupa untuk mempertahankan kualitas rasa sehingga pelanggan bisa melakukan repeat order kembali.
 
Strategi bisnis kuliner di masa pandemidi atas bisa Anda coba praktekkan. Meskipun mungkin belum bisa menaikkan omzet secara signifikan, namun setidaknya tetap bisa menghasilkan pendapatan untuk bertahan.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 11 November 21 - 03:21 WIB
Dibaca sebanyak : 51 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback