Anggie
Blog Universitas Komputer Indonesia

Rumus Slovin untuk Menentukan Jumlah Sampel

Seperti yang sudah dituliskan pada penjelasan tentang rumus dari metode penelitian bahwa rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampel merupakan cara yang paling efisien menurut para ahli dalam memenuhi standar hasil penelitian. Karena pada dasarnya populasi itu memiliki banyak karakteristik.

Beberapa Poin Penting dalam Rumus Slovin untuk Menentukan Jumlah Sampel

Setiap tindakan atau action dari banyak hal pasti memiliki sebuah poin penting yang diharapkan tidak luput dari perhatian. Tidak ubahnya rumus Slovin juga memilikinya dan bagi orang-orang belum paham tentangnya mungkin akan melewatinya sebelum mulai menghitung. Dan berikut ini poin-poinnya.
  1. Jumlah Populasi
Jumlah populasi menjadi variabel terpenting saat akan menggunakan rumus milik Slovin tersebut. Karena angka populasi diasumsikan menjadi variabel utama dalam perhitungan jumlah sampel. Disinilah mengapa peneliti juga harus memperhatikan setiap detail populasinya tidak hanya pada hasil.
Alih-alih ingin cara cepat dan efisien dengan menggunakan rumus slovin, malah menghitungnya terlampau lama karena ternyata angka populasi pada hasil riset tidak diketahui secara pasti. Jadi memang jumlah angka pastinya merupakan hal utama dalam menghitung menggunakan rumus ini.
  1. Teknik atau Metode Sampel
Dalam sebuah penelitian setidaknya akan menggunakan lebih dari satu teknik atau metode sampel. Teknik-teknik tersebut memiliki proses perhitungan yang berbeda sesuai dengan jenis metodenya. Setiap jenisnya memiliki variabel masing-masing, walaupun menggunakan rumus sama.
Jadi pada dasarnya rumus Slovin ini bisa diturunkan dari rumus asal yang juga ditentukan oleh metode sampel, sehingga teknik atau metode memang sangat butuh perhatian sebelum mulai perhitungan menggunakan rumus tahun 1960 tersebut. Oleh karena itu, selalu perhatikan teknik sampelnya.
  1. Hanya memiliki Satu Rumus Asli
Rumus Slovintidak memiliki adik atau kakak dalam penerapannya pada perhitungan jumlah sampel. Jikapun ada, kemungkinan rumus tersebut adalah turunan dari rumus yang asli sehingga ujungnya tetap akan menggunakan rumus bawaan dari Slovin tersebut.
Poin yang harus diperhatikan dalam penggunaan rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampel, dapat dijadikan referensi sebelum tergesa-gesa dalam menuliskan rumus dan melihat angka variabelnya. Karena nyatanya disetiap langkah memiliki poin tersendiri sebagai cara menghitung sampel.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 28 Desember 20 - 06:23 WIB
Dibaca sebanyak : 230 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback