Anggie
Blog Universitas Komputer Indonesia

Pakan Burung Lovebird Agar Nutrisi Tercukupi

Burung lovebird banyak diminati karena memiliki warna bulu yang sangat cantik dan cerah. Namun, untuk memelihara jenis burung ini tentu tidak bisa sembarangan. Anda harus memperhatikan pakan burung lovebird yang dibutuhkan agar nutrisinya tercukupi dan bisa tumbuh dengan baik.

Rekomendasi Pakan Untuk Burung Lovebird

Jangan hanya memberi makan burung untuk membuat mereka kenyang saja. Selain itu, ada hal lain yang harus diperhatikan dengan baik yakni kebutuhan nutrisi burung tersebut. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi menarik tentang burung melalui website citcuit.id.
  1. Biji Oat atau Haver
Haver atau biji oat merupakan sereal yang memiliki kandungan protein dan karbohidrat cukup tinggi sehingga bagus untuk dimakan oleh burung lovebird. Oat juga bisa menjadi pakan pokok alternatif setelah lovebird bertelur karena kandungan karbohidratnya dapat membantu memulihkan stamina dan berat badan burung.
  1. Biji Milet Putih
Burung lovebird merupakan jenis hewan pemakan biji-bijian. Sehingga pakan utama dari burung ini adalah biji-bijian dan salha satu yang direkomendasikan adalah biji milet putih. Hal ini dikarenakan milet putih memiliki kandungan karbohidrat, zat besi, vitamin B, kalori, asam amino, dan protein. Selain itu, harganya pun sangat terjangkau.
  1. Biji Sawi
Biji sawi juga memiliki kandungan gizi yang bagus untuk memenuhi asupan nutrisi burung. Jenis biji ini mengandung minyak mentah atau minyak kanola yang mengandung asam erucic. Di mana minyak canola sendiri memiliki kandungan omega-6 dan omega-3 dengan perbandingan 2:1.
  1. Gabah Beras Merah
Beras merah memiliki kandungan yang lebih bagus jika dibandingkan dengan beras putih sehingga juga disarankan untuk dikonsumsi oleh burung lovebird. Karena berbagai zat gizi yang terkandung di dalamnya sangat bagus dan bermanfaat untuk meningkatkan performa burung.
  1. Jagung Muda
Sebagai pakan tambahan, maka jagung muda bisa menjadi solusi jitu. Jenis makanan ini sangat bagus untuk membantu perkembangan otot agar dapat berkembang dengan baik. Namun, disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan jangan keseringan. Paling tidak cukup 2 minggu sekali agar burung tidak obesitas.
Berbagia jenis pakan burung lovebird di atas sebenarnya sangat mudah untuk ditemukan di lingkungan sekitar. Sehingga Anda bisa memilih salah satu dari beberapa alternatif pakan di atas.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 03 Februari 22 - 11:42 WIB
Dibaca sebanyak : 89 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback