Anggie
Blog Universitas Komputer Indonesia

Nikah Siri Halal atau Haram

Nikah Siri Halal atau Haram
Salah satu pertanyaan yang saat ini masih banyak dipertanyakan adalah tentang nikah siri halal atau haram. Kebingungan tersebut tentu muncul dikarenakan ketidakpahaman para masyarakat mengenai pernikahan jenis ini. Untuk itu, simak ulasan lengkap berikut ini.

Penjelasan Tentang Nikah Siri Halal Atau Haram

Nikah siri bukan lagi satu hal yang asing ditelinga banyak orang, khususnya Indonesia. Sebab, jenis pernikahan ini sering dilaksanakan karena alasan tertentu. Tapi, pertanyaan mengenai halal haramnya sampai saat ini masih diperdebatkan. Untuk itu, simak ulasan berikut.
  1. Alasan Nikah Siri Menjadi Haram
Pada dasarnya, dalam hukum agama Islam, pernikahan siri tidak dilarang alias dibenarkan adanya. Oleh karena itu, terdapat berbagai ketentuan atau syarat dan rukun nikah yang harus dipenuhi oleh kedua pihak. Hal tersebut bertujuan agar praktiknya tidak menjadi haram.
Pasalnya, pernikahan siri bisa menjadi haram apabila kedua belah pihak atau calon pengantin tidak memenuhi syarat ketentuan. Selain itu, harus terpenuhinya rukun nikah atas dasar hukum agama islam. Jika tidak, maka prosesi tersebut dianggap tak sah bahkan haram.
  1. Alasan Nikah Siri Menjadi Halal
Sederhananya, jika Anda sudah memahami alasan mengani haramnya nikah siri, tentu sidah tahu juga bagaimana agar menjadi halal. Praktik nikah siri bisa disahkan dimata agama jika memenuhi syarat ketentuan. Selain itu, rukun nikah pun wajib dipenuhi oleh kedua pihak.
Sekalipun Anda menggunakan jasa nikah siri Jakarta atau lainnya, jika tak memenuhi syarat maka dianggap haram dan tidak sah. Jadi, selama kedua belah pihak atau calon pengantin telah memenuhi rukun nikah, maka hukumnya halal.
 

Kesimpulannya

Jadi kesimpulan dari pertanyaan nikah siri halal atau haram, maka jawabannya adalah tergantung. Semuanya bergantung pada proses berlangsungnya pernikahan. Jika tidak memenuhi syarat dan rukun nikah, maka hukumnya berubah menjadi haram.
 
Hal tersebut pun berpengaruh terhadap hukum halalnya. Apabila, kedua belah pihak mampu memenuhi seluruh persyaratan, maka statusnya sah dimata agama. Tapi tetap, secara UUD pernikahan siri dianggap tidak sah karena tak tercatat di kantor urusan agama.
 
Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa penjelasan tentang nikah siri halal atau haram. Setelah Anda memahaminya, tentu bisa menarik kesimpulan untuk dijadikan jawaban. Jadi, semuanya tergantung pada terpenuhi atau tidaknya syarat serta rukun nikahnya.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 14 Juli 21 - 07:04 WIB
Dibaca sebanyak : 132 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback