Anggie
Blog Universitas Komputer Indonesia

Apa Saja Yang di Audit Jasa Keuangan?

Tentu Anda sebagai pelaku bisnis yang tidak memiliki bekal berkaitan dengan pembuatan laporan keuangan apalagi audit, akan merasa kebingungan. Sebenarnya apa saja yang diaudit jika ingin menggunakan jasa audit keuangan?.

Apa Saja yang Diaudit oleh Jasa Audit Keuangan?

Sebelum melakukan proses audit, perusahaan harus menyiapkan berbagai data-data atau informasi lengkap yang akan diperiksa, sehingga tidak ada kendala ketika melakukannya serta terjadi ketidaklengkapan dokumen pada laporan keuangan yang sudah diaudit.
  1. Seluruh Transaksi dan Saldo
Dokumen pertama berkaitan dengan seluruh transaksi dan saldo yang dilakukan selama beberapa periode oleh perusahaan. Informasi tersebut meliputi transaksi pembelian, penjualan, persedian, dan masih banyak lainnya, dilakukan di dalam suatu badan usaha maupun luar.
Sedangkan seluruh saldo berkaitan dengan transaksi akhir akun-akun yang digunakan oleh perusahaan. Seperti, mutasi persediaan, serta seluruh saldo akhir yang ada di buku besar secara rinci. Semua itu akan dibutuhkan ketika proses pemeriksaaan dilakukan oleh jasa audit.
  1. Seluruh Dokumen
Selanjutnya ada seluruh dokumen. Berkaitan dengan akun-akun yang terkait pada proses jual-beli di dalam perusahaan maupun dokumen tentang semua kegiatan di dalam usaha.  Dimulai dari persedian bahan baku atau bahan mentah hingga transaksi pemasaran.  
Pemberian semua informasi tersebut harus dilakukan secara terperinci, jangan sampai ada yang hilang. Biasanya berkaitan dengan tahapan pada produk atau layanan jasa, seperti tahap produksi, pengembangan, pengolahan, pemasaran, dan juga evaluasi.
  1. Data Lainnya
Data atau informasi lain yang dibutuhkan ketika melakukan pemeriksaan audit laporan keuangan yakni berkaitan dengan seluruh aset, kesesuaian perhitungan, dan selisih kurs. Seluruh aset tersebut mengenai semua hal yang dimiliki oleh perusahaan Anda secara resmi.
Kesesuaian dalam perhitungan dan pembayaran pajak. Karena setiap badan usaha atau perusahaan pastinya memiliki ketentuan pajak yang harus dibayar setiap beberapa periode. Sedangkan selisih kurs diperlukan ketika terjadi kejanggalan serta disesuaikan apa sudah benar atau tidak.
Itu tadi beberapa data yang diperlukan oleh jasa audit keuangan dalam melakukan pemeriksaan pada laporan keuangan suatu perusahaan atau badan usaha. Semua itu tentunya penting bagi keberlangsungan serta kemajuan sebuah perusahaan agar bisa bertahan dan bersaing.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 25 Januari 22 - 08:59 WIB
Dibaca sebanyak : 111 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback